Tentunya, jika kalian adalah penggemar berat game, bahkan pemain biasa, akan menyadari bahwa dibalik keindahan game game yang selama ini kita mainkan biasanya terdapat hal hal atau fitur fitur klise yang biasanya sering kita temui, lagi, dan lagi, walaupun sebenarnya membosankan namun kita tidak begitu mempedulikannya dan tetap memainkannya karena tertutupi oleh keindahan game ini secara keseluruhan. Berikut inilah 10 hal klise paling sering terjadi dalam dunia game.
10. Titik Lemah Bos
Mungkin saat sedang memainkan game game dengan boss yang ukurannya segede gaban kalian biasanya akan diberitahu oleh game, untuk menembak atau menyerang titik lemah bos tersebut, "Attack its weak point for massive damage" hal klise tersebut mungkin tidak asing untuk kita. Biasanya titik lemah tersebut besar dan berwarna beda dengan keseleruhan warna dari bos tersebut, bahkan kadang kadang titik lemah tersebut menyala terang seperti meminta untuk diserang oleh pemain. Walaupun begitu, tentunya untuk aspek gameplay hal klise ini sangat masuk akal karena tentunya akan memudahkan para pemain, bukankah begitu?
9. Side Mission yang Tidak Penting dalam Game RPG
Side missions merupakan faktor penting dalam dunia game, terutama game RPG, namun pernahkan kita memikirkan bahwa kadang kadang side mission ini sebenarnya tidak begitu esensial dalam game, terutama dalam segi cerita? dimana pemain kita harusnya sedang dikejar waktu untuk menyelamatkan dunia, namun dia justru malah menghabiskan waktunya menolong pekerjaan orang lain, yang bahkan kadang kadang bisa dilakukan sendiri oleh mereka. Walaupun begitu, fitur klise ini merupakan faktor penambah keseruan bermain dalam game, dimana membuat game semakin bervariatif dari segi cerita dan gameplay, sebagai cara untuk mengembangkan skill pemain kita sebelum bertemu dengan lawan sungguhan dan juga tentunya menambah panjang dari game tersebut itu sendiri.
8. Quick-Time Events
QTE atau QuickTime Events juga salah satu fitur klise dalam dunia game yang pertama kali diperkenalkan di game Shenmue pada tahun 1999. Walaupun secara gameplay mungkin memang menarik dan inovatif, tapi semakin kesini semakin banyak game yang menggunakan fitur ini sehingga mungkin lama lama membosankan. Tapi tentu saja fitur ini merupakan fitur yang seru dimainkan jika porsinya pas.
7. The "Unlikely" Hero
Anak kecil yang tinggal di kota kecil lalu dia menemukan bahwa dia adalah orang terpilih yang dapat menyelamatkan dunia dan dia harus meninggalkan kota kecilnya yang nyaman untuk berpetualang menyelamatkan dunia bersama teman teman yang dia temui dalam perjalanan bermodalkan kepolosannya dan senjata senjata besarnya. Tidak asing bukan? Klise dalam dunia game ini seringkali kita temui, terutama dalam game game bergenre JRPG, Walaupun begitu banyaknya game game dengan format seperti ini, namun sepertinya kita tidak begitu peduli karena sebenarnya cerita cerita ini cukup menarik jika diikuti dengan detail detail yang sangat bervariasi.
6. Barrel yang Dapat Meledak
Siapa yang tidak kenal dengan "fitur" ini haha, Mungkin fitur paling klise yang sudah ada dari dulu ini, akan terus kita temui dalam waktu yang lama, karena walaupun hal ini sebenarnya sangat aneh, bayangkan di dunia nyata dimana barrel dengan warna yang mencolok, dan dapat meledak, dan diletakkan dimana-mana. Tapi karena ini dunia game, fitur klise ini justru menambah keasikan dalam permainan, dimana membuat lingkungan sekitar terlihat lebih asik untuk ditembak tembak. Fitur klise yang satu ini nampaknya tak akan pernah lekang oleh waktu.
5. Silent Protagonist
Kalian pasti pernah memainkan game dimana para tokoh utamanya, tidak pernah mengucapkan satu patah katapun di dalam game tersebut, dimana dia biasanya hanya menuruti kata kata dari orang lain untuk setiap langkahnya. Mungkin tokoh tokoh di gambar diatas merupakan ikon ikon silent protagonist. Walaupun hal klise dalam game ini mungkin sedikit aneh, atas dasar apa mereka tidak berbicara? mungkin saja developer tidak mau merusak image tokoh utama dengan kata kata yang mereka ucapkan, atau mungkin saja banyak alasan lain bukan?
4. Menyelamatkan Sang Putri
Berawal dari game Mario Bros, dimana dia harus melewatkan rintangan hanya untuk menyelamatkan sang putri, Peach, dan berlanjut ke game game lainnya seperti Legend of Zelda dan game game lainnya. Klise dalam dunia game ini tentunya sudah sangat sering kita temui, dan menjadi dasar cerita dari game game lainnya, dengan detail detail yang bervariasi. Tentunya yang dimaksud disini tidak hanya menyelamatkan sang putri, namun lebih ke tujuan akhir dari game tersebut yang bertujuan untuk menyelamatkan seseorang yang berarti bagi sang tokoh utama. Mungkin dalam game game terbaru ini bisa kita temui di game seperti Fallout 4 dan bahkan Withcer 3.
3. Kehilangan Kekuatan pada Awal Game
Biasanya di game game seperti ini, kita akan memulai dengan karakter yang sangat kuat, dengan kekuatan yang macam macam dengan damage yang sangat besar dimana tokoh kita akan kelihatan badass. Namun setelah itu, tiba tiba setelah suatu kejadian, sang tokoh utama akan kehilangan kekuatannya, dan senjatanya, dan kita akan benar benar memulai game dengan karakter yang mempunayai kekuatan dan senjata yang apa adanya. Klise dalam dunia game ini seringkali kita temui pastinya, awalnya dimulai dari game seperti Metroid dan Castlevania, dan game game lainpun mulai mengikutinya. Tapi tentunya, kadang hal ini cukup masuk akal jika diberikan dengan cerita dan gameplay yang menarik.
2. Tokoh Utama yang Mengalami Hilang Ingatan / Amnesia
Tokoh utama yang mengalami amnesia, dimana dia adalah orang penting yang harusnya menyelamatkan dunia, namun karena suatu hal, dia tiba tiba mengalami hilang ingatan? nampaknya sangat familiar dalam dunia game dimana tentunya tidak hanya di dunia game, dalam media lainnya seperti film juga sangat familiar digunakan. Biasanya dalam game game ini, seiring berjalannya cerita, tokoh tokoh lain akan menceritakan tentang diri kita, atau biasanya kita akan menemukan sendiri, atau tiba tiba terdapat flashback dimana menjadi tanda bahwa kita mulai mengingat masa lalu kita lagi. Walaupun menjadi klise yang sangat sering digunakan dalam dunia game dan juga kadang kadang merupakan produk dari kemalasan dalam proses penulisan naskah, tentu saja amnesia merupakan hal yang menarik dalam dunia game karena akan membuat para pemain terus penasaran selain dengan cerita utama, tapi juga asal usul sang tokoh utama yang menjadi mister besar.
0 comments:
Post a Comment