Rahasia Identitas The Joker Akhirnya 'Terungkap'


Seperti yang kita ketahui, The Joker sudah menjadi 'rival' dari Si Manusia Kelelawar sejak awal kemunculannya di comic Batman pada tahun 1940. Selama itu pula juga, identitas asli dari Villain bermuka putih pucat dan berambut hijau ini tidak bernah dibeberkan secara resmi. Semua orang pasti penasaran dengan nama aslinya, sebelum dia berubah menjadi penjahat tidak waras yang selalu menjadi mimpi buruk untuk Batman. Sebenarnya, Batman sendiri (sepertinya) sudah mengetahui identitas dari seorang Joker, saat dia menduduki Mobius Chair, yang membuatnya mengetahui segala informasi yang ada di semesta ini, dan meng-klaim dirinya sendiri sebagai Bat-God. Pada Justice League #42, yang masih bagian dari arc Darkseid War.



 Batman terlihat menanyakan hanya dua pertanyaan kepada Mobius Chair. Pertanyaan tersebut sepertinya merupakan pertanyaan yang selama ini sangat ingin Batman ketahui, dimana pertanyaan pertama adalah siapa yang membunuh orangtuanya, dan jawabannya adalah Joe Chill, dimana sebenarnya Batman sudah mengetahui ini sebelumnya. Namun, pada pertanyaan kedua, ia melontarkan pertanyaan mengenai identitas asli dari The Clown Prince of Crime ini. Dan, sepertinya jawaban yang diberikan, merupakan jawaban yang tidak terduga-duga, melihat reaksi dari Batman sendiri, 'No, That's Not Possible'. Banyak orang berspekulasi bahwa identitas dari Joker ternyata adalah orang-orang terdekat dari Bruce Wayne, seperti Thomas Wayne, Dick Grayson, bahkan Alfred. Banyak juga yang berspekulasi bahwa identitas Joker adalah Joker. Ada juga yang berspekulasi bahwa Joker adalah Joe Chill. Namun spekulasi-spekulasi tersebut nampaknya salah. , paling tidak untuk saat ini..




Justice League #50 menandai berakhirnya arc Darkseid War, issue ini juga menandai Rebirth #1 dari DC Universe. Identitas joker pun akhirnya 'terungkap disini', Green Lantern-lah yang akhirnya bertanya pada Batman tentang identitas asli dari Joker, yang diberitahu oleh Mobius Chair. Dan ternyata..seperti membuktikan bahwa spekulasi-spekulasi dari pembaca itu salah, ternyata Mobius Chair justru tidak memberikan nama, namun memberikan informasi bahwa ternyata ada 3 Joker. Bersamaan dengan itu, terlihat di latar dimana beberapa versi Joker terlihat disitu, sepertinya ada tiga versi disitu, versi terbaru dari New 52, dalam komik The Killing Joke, versi dimana joker menjadi Red Hood, dan juga yang terakhir classic Joker dari kemunculan pertamanya. 


Batman yang masih tidak yakin dengan informasi yang di dapatnya pun sepertinya akan segera mencari tahu identitas dari 'para' Joker ini. Sepertinya di issue-issue berikutnya, kita ada mengetahui identitas dari Joker yang sebenarnya. Walaupun sebenarnya para fans lebih suka jika identitas itu tidak akan pernah terungkap, dimana Joker adalah Joker. Kita lihat saja nanti kelanjutannya. Joker sendiri akan muncul di film Suicide Squad tanggal 4 Agustus nanti, dimana dia diperankan oleh Jared Leto. 


Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment