10 Festival Film Internasional Terbaik


Mungkin bagi para pecinta film, atau bahkan penonton kasual akan seringkali menyadari banyak logo logo bertuliskan Official Selection pada poster suatu film, apakah maksudnya itu? Logo-logo tersebut merupakan logo dari festival festival film yang memutarkan film tersebut pada festival mereka, biasanya digunakan sebagai salah satu bentuk promosi juga dari sebuah film, dan tentu membanggakan jika bisa masuk ke festival festival tersebut karena untuk menjadi selection haruslah melewati banyak film film lainnya yang di submisi dan tentunya melewati tahapan kurasi, sehingga masuklah logo logo film festival tersebut ke poster poster film. Festival Film sendiri biasanya menjadi tempat screening film film bagus yang mungkin jarang diketahui orang, atau belum diketahui orang banyak, karena biasanya film film tersebut biasanya mendapatkan screening eksklusif yang lebih cepat, jauh lebih cepat dari rilis sebenarnya, bisa berbulan-bulan bedanya. dan kebanyakan film film tersebut merupakan film film independen bukan film blockbuster atau film keluaran rumah produksi ternama. Tempat ini juga biasanya menjadi ajang berkumpul para pecinta film, kritikus, film maker, dan tentunya menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali festival festival film di dunia ini, bahkan hampir setiap negara bahkan kota memiliki festival nya sendiri, dan tentu hanya segelintir yang benar benar menjadi magnet film film berkualitas dan juga sineas sineas kenamaan, dan berikut inilah 10 Festival Film Internasional Terbaik. 


#10 TELLURIDE FILM FESTIVAL


Telluride Film Festival Merupakan festival film tahunan yang diselenggarakan di Telluride, Colorado, Amerika Serikat setiap akhir pekan saat hari buruh di amerika. Festival film ini menampilkan film klasik dan baru dengan porsi yang sama. Para pengunjung pun bisa menikmati sambil menikmati suasana ala summer camp disana, tentunya bersama para pecinta film lainnya yang juga berkumpul disana.


#9 SOUTH BY SOUTHWEST



South by Southwest atau SXSW merupakan event tahunan yang berisikan film, interactive media, dan juga musik. Festival ini sendiri sudah ada sejak tahun 1987 dan terus berkembang sampai sekarang. Festival ini banyak menampilkan perkembangan teknologi dan juga film yang juga berkaitan, dimana inovasi disini benar benar membuat pengunjung dari berbagai kalangan tertarik untuk datang. Festival ini sendiri merupakan gambaran yang tepat bagaimana festival di masa depan nanti.

#8 NEW YORK FILM FESTIVAL


New York Film Festival merupakan film festival penting di amerika yang sudah ada sejak tahun 1963, dengan NYFF ke 54 yang diselenggarakan tahun lalu. Festival ini menghadirkan pilihan pilihan film berkualitas dan penting setiap tahunnya, ditambah dengan film film bagus lainnya yang masih jarang diketahui orang membuat festival ini sangat menarik untuk didatangi bagi para penggila film. 

#7 INTERNATIONAL FILM FESTIVAL ROTTERDAM


International Film Festival Rotterdam atau IFFR merupakan festival film tahunan yang diselenggarakan di Rotterdam, Belanda, pada akhir januari. Festival ini sendiri sudah ada sejak tahun 1972, menjadi salah satu festival film paling penting di dunia, dengan fokus terhadap film film independen dan eksperimental dari sineas sineas baru. Festival ini sendiri memiliki penghargaan tersendiri bernama Tiger Award, seperti logonya. Festival ini sangat mendukung filmmaker filmmaker baru dengan CineMart untuk mendapatkan dana.

#6 BERLIN INTERNATIONAL FILM FESTIVAL

Berlin International Film Festival atau biasa disebut Berlinale merupakan salah satu event film terbesar di dunia, yang diselenggarakan di Berlin, Jerman, sejak tahun 1951. Festival ini juga hadir dengan penghargaannya yang diberi nama Golden Bear, dan Silver Bear. Berlinale biasanya menjadi tempat berkumpul para filmmaker dan penggiat industri film dari seluruh dunia.

 

#5 INTERNATIONAL DOCUMENTARY FESTIVAL AMSTERDAM


International Documentary Festival Amsterdam atau IDFA merupakan festival tahunan yang sudah ada sejak tahun 1988 dan seperti namanya merupakan festival yang diselenggarakan di amsterdam dan menjadi festival film dokumenter terbesar di dunia. Film film dokumenter penting banyak yang ditayangkan di festival ini, sehingga tentunya berhasil menarik perhatian banyak orang dari luar Amsterdam, selain pengunjung lokal yang juga sangat banyak.


#4 VENICE FILM FESTIVAL



Venice Film Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 1932, membuat festival ini menjadi yang tertua di dunia, dan juga terbesar tentunya, membuatnya masuk menjadi the Big Three, bersama Cannes dan Berlin. Festival yang biasanya diselenggarakan pada bulan agustus/september ini menjadi magnet bagi industri film, dari pemain pemain kenamaan, sampai paparazzi. Menjadi tempat premier film film besar setiap tahunnya membuat festival ini tentunya sangat menarik.

#3 TORONTO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL


Toronto International Film Festival atau tiff merupakan salah satu festival film tahunan terbesar dan terpenting dengan pengunjung terbanyak di dunia. Festival ini sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 1976 tentu seperti namanya diadakan di Toronto, Kanada. Festival ini biasanya menghadirkan film film kelas atas, yang biasanya berujung ke Piala Oscar.

#2 SUNDANCE FILM FESTIVAL


Sundance Film Festival merupakan festival dari Sundance Institute, yang diselenggarakan di Park City, Utah, setiap tahunnya sejak 1978. Film ini terkenal dengan menampilkan film film indie berkualitas nya, yang secara perlahan mulai mempengaruhi tren industri film sekarang. Sangat menarik melihat film film jebolan festival ini, yang merupakan personal favorit saya. Festival ini sendiri sedang berlangsung sekarang.


#1 FESTIVAL DE CANNES


Festival de Cannes atau Cannes Film Festival merupakan festival tahunan yang diselenggarakan di Cannes, Prancis, sejak tahun 1946. Salah satu festival tertua yang juga dikatakan sebagai yang terbaik, dengan film film berkualitas dari semua genre yang dihasilkan dari festival ini, tentunya menarik banyak penggiat industri film, terutama sutradara sutradara kenamaan. Dengan begitu wajar rasanya jika adanya logo Cannes di suatu poster film saja bisa membuat film itu dipastikan kualitasnya. Festival ini akan kembali diadakan 17-28 Mei mendatang.





SUMBER

http://www.indiewire.com/2010/05/10-best-fests-a-directory-55135/

Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment