10 Website Penting yang Wajib Diketahui Para Pecinta Film


Di zaman modern seperti sekarang ini, menonton film bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup tersendiri, seiring berkembangnya teknologi dan juga semakin banyaknya film, budaya menonton pun juga perlahan berubah mengikuti jaman. Dengan mudahnya melakukan berbagai macam hal di internet, kemudahan untuk mendukung menonton ini juga semakin banyak, mulai dari mencari jadwal bioskop, membaca review tentang suatu film, diskusi film, menonton trailer, bahkan menonton film sendiri semua bisa dilakukan secara online. Maka kali saya akan membahas 10 website penting yang wajib diketahui oleh para pecinta film versi saya, sekedar pemberitahuan bahwa urutan disini hanya sekedar angka dan tidak ada artinya karena masing masing memiliki kegunaannya dan keunikannya sendiri, dan juga jangan harap ada website nonton film bajakan gratis ya disini, karena disini yang dibahas semuanya adalah website resmi dan legal.



10. IMDb



Siapa yang tidak tahu dengan website yang satu ini?  Jika seseorang mencari sesuatu tentang film, sepertinya tempat pertama yang akan dikunjungi adalah laman film itu di website ini. Seperti namanya, IMDB menyediakan informasi terlengkap seputar film apapun itu, lama maupun baru sampai film film yang tidak begitu terkenal sekalipun. Mulai dari rating film, daftar pemain, tanggal rilis film, tagline film, budget, trivia, quotes, sampai review, semua lengkap ada disini, mungkin bisa dibilang IMDB adalah kitabnya para pecinta film.

9. Empire Online






Empire Magazine sendiri merupakan salah satu majalah kenamaan berbau film yang sudah sangat terkenal, namun website mereka pun tidak kalah bagus juga, dengan jumlah pengunjung yang tak kalah banyak juga. Walaupun tentunya banyak website majalah berbau film, rasanya Empire Magazine masih menjadi salah satu yang paling lengkap dan terbaik. Dengan artikel artikel ter-up-to-date dan juga berita berita terbaru dan juga review-review dari dunia perfilman luar benar benar menarik untuk dibaca, ditambah lagi dengan artikel artikel menarik seperti 100 Karakter Film Terbaik. (alternatif lain : Yahoo! Movies, CinemaBlend)

8. Netflix




Siapa yang tidak tahu Netflix, yang baru baru ini ngetop di Indonesia walaupun sempat diblokir telkom. Netflix sendiri adalah penyedia jasa streaming film dan tv show terlengkap, dimana pengguna cukup membayar biaya langganan per bulannya, dan mereka bebas menikmati semua film dan tv show super lengkap yang ada disana, tentunya secara resmi dan legal, bukan bajakan. Selain itu Netflix sendiri juga menyediakan Netflix Original karya mereka sendiri, yang tentunya tak kalah bagus.  (alternatif lain : HOOQ, iflix)

7. Rotten Tomatoes & Metacritic



Bila kalian ingin mencari review review film dan melihat rating sebuah film untuk menentukan akan menonton sebuah film atau tidak, Rotten Tomatoes dan metacritic adalah tempatnya, walaupun sebenarnya banyak juga website serupa namun dua inilah yang menurut saya paling bisa dipercaya, rating sendiri pada kedua website ini terbagi menjadi dua yaitu oleh kritikus dan juga audience score yang berasal dari para penonton. Rating film atau tv seri disini diambil dari gabungan semua review yang ada yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Menarik melihat review review berkualitas disini dan juga rating film disini nampaknya juga bisa dipercaya, walaupun semua akhirnya kembali lagi ke para penonton. Selain itu disini kalian juga bisa melihat banyak artikel artikel terpercaya dan berkualitas tentang berbagai macam film, ditambah dengan informasi yang cukup lengkap hampir seperti imdb, dan juga disini kalian bisa melihat rating rating film lain yang biasanya terdapat disisi layar untuk memudahkan kita saat mencari referensi film.


6. MUBI



Penyedia jasa streaming film juga seperti Netflix, namun sedikit berbeda dari film film yang disediakan juga komunitasnya. Jika kalian penggemar film film festival, berbau art, indie, asing, dibanding film film hollywood, MUBI adalah tempatnya. Disini kalian juga bisa berdiskusi dengan orang orang dengan selera yang sama dengan kalian, berbagi film film untuk referensi kalian, juga membuat review. Website ini menyediakan film film baru setiap harinya dan kalian bisa memilih 30 film setiap bulannya untuk ditonton, dimana kalian juga akan mendapat waktu 30 hari untuk menonton film tersebut. Selain itu mereka juga menghadirkan berita berita terbaru di dunia perfilman, yang tentunya juga anti-mainstream.

5. Letterboxd




Mungkin banyak yang belum tahu dengan website yang satu ini, Letterboxd sendiri bisa dibilang seperti diary nya para pecinta film. Bagi kalian yang ingin meng-explore film film bagus, sangat bisa kalian temukan disini, membuat review sendiri, menampilkan daftar film-film yang sudah kalian tonton,  memberi rating pada sebuah film, membuat list list yang terdiri dari film film, menampilkan film film favorit kalian. Jika kalian mencari media sosial berbasis film, Letterboxd adalah tempatnya (alternatif lain : icheckmovies.com, flixter dan seenthat.com)

4. Box Office Mojo



Jika kalian ingin mengetahui info info tentang box office, website ini adalah tempat terlengkap untuk itu. Menampilkan secara lengkap segala informasi terkait box office mulai dari awal sebuah film itu rilis. Mungkin sedikit kurang kerjaan ya, tapi untuk penggemar berat film dan juga para pengamat rasanya website ini memang sangat berguna ya.

3. Trailer Addict



Jika kalian yang tidak ingin ketinggalan trailer trailer terbaru dari film yang kalian tunggu tunggu, walaupun sebenarnya banyak website penyedia trailer, namun Trailer Addict adalah yang terbaik, benar benar terlengkap dan tercepat, tentunya kalian tidak akan ketinggalan trailer trailer film terbaru dari blockbuster terkenal sampai film film indie yang mungkin belum pernah kita dengar. Ditambah lagi artikel singkat yang tersedia juga dibawah trailer dimana kita akan jadi lebih mudah mengetahui hal hal tentang film tersebut.


2. 21Cineplex / CGV.id



Tentunya setelah mengetahui semua itu dimana lagi kita menonton selain streaming lewat penyedia jasa streaming film, yaitu nonton langsung di bioskop. Dan pastinya cara termudah untuk mengetahui jadwal tayang film film tersebut, ditambah sinopsis nya, juga para cast nya dapat kalian temukan disini. Film film yang sedang coming soon pun juga bisa dilihat disini sehingga kita bisa bersiap siap untuk menontonnya, ditambah lagi dengan fitur pengecekan tempat duduk yang tersisa dan juga fitur pembelian tiket online yang tentunya akan mempermudah menonton di bioskop.

1. Kaskus (Forum Movies)





Rasanya jika melihat diatas hampir semuanya adalah website luar, namun tentu ada satu tempat bagi pecinta film di Indonesia, yaitu kaskus forum movies. Disini kita bisa melakukan berbagai macam hal, dari membuat review film, membaca artikel artikel dan berita berita terbaru dari sebuah film, berdiskusi atau hanya sekedar mengobrol santai dengan sesama penikmat film juga bahkan pembuat film, membuat list film yang sudah kita tonton, semua lengkap ada disini.

SUMBER


http://www.scotcampus.com/10-essential-film-websites

http://www.ebizmba.com/articles/movie-websites

http://mashable.com/2012/02/07/social-movie-websites/#PXqWiikcF8q1

http://www.instantshift.com/2013/02/12/top-12-websites-for-all-your-movie-related-needs/





Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment