[ Film Review ] The Handmaiden (2016)




The Handmaiden, sebuah film asal korea yang disutradari oleh Chan-wook Park, yang mungkin sudah kalian kenal lewat Vengeance Trilogy, dengan salah satu filmnya yaitu Oldboy. Merupakan sebuah film romance yang berlatar di korea pada sekitar tahun 1930. Film ini bercerita tentang Sook-Hee (Tae-ri Kim) seorang pencuri yang disewa oleh Fujiwara (Jung-woo Ha) seorang penipu untuk menjadi Handmaiden dari seorang pewaris harta asal jepang yaitu Lady Hideko (Min-hee Kim). Merupakan film adaptasi dari novel berjudul Fingersmith oleh Sarah Waters, sekilas plot film ini memang terasa sederhana. Namun tentu tidak, apalagi mengingat Chan-wook Park merupakan sutradara pada film ini. Pertama saya sendiri mengira film ini adalah film romance melankolis biasa, namun ternyata film ini membalut kisah romance dengan teka-teki dan potongan-potongan adegan tampak berlapis-lapis, dan twist(s), cukup membingungkan, namun menjadi salah satu hal yang membuat film ini sangat menarik untuk ditonton tentunya, dan tentunya saya akan berusaha membahas film ini sepadat mungkin dengan sedikit mungkin spoiler tentunya, semoga saja.

Seperti yang saya bilang film ini dibagi menjadi beberapa bagian, tiga bagian lebih tepatnya, dimana masing-masing bisa dibilang diceritakan dari sudut pandang yang berbeda, tentunya dari tiga tokoh utama film ini. Masing-masing bagian diceritakan secara "runtut" namun dengan lubang lubang yang tentunya sengaja diciptakan tergantung di sudut pandang masing masing karakter yang nantinya lubang itu akan satu persatu tertutup di bagian berikutnya, sehingga menjadi potongan puzzle yang utuh, ditambah dengan gore khas Chan-wook Park, gaya film ini benar benar cerdas dan menarik menurut saya untuk ditonton.




Sama sekali tidak membosankan menonton film berdurasi hampir dua setengah jam ini, tepat seperti yang saya harapkan dari Chan-wook Park apalagi dengan hal yang hadir berikutnya di film ini yaitu "plot twist(s)" yang sebenarnya sederhana namun tetap menarik, dan penonton mungkin tidak akan mengira datangnya, hal ini tentunya didukung dengan gaya penceritaan yang menarik yang sudah saya bahas sebelumnya. Dan untuk tambahan, twist twist ini bisa diperlihatkan dalam skala kecil, maupun besar dalam film ini, penulisan yang sangat cerdas.

Namun sayangnya kemungkinan film ini keluar di Indonesia nampaknya sangat kecil, mengingat banyak adegan sensitif di film ini, yang tentunya melibatkan ketiga tokoh utama di film ini. Namun tentunya bukan adegan "abal-abalan" yang ditampilkan disini, percaya atau tidak adegan adegan ini diracik sedemikian rupa sehingga saat menontonnya tidak terasa "awkward" (silakan tonton sendiri jika ingin mengerti maksud saya tentang ini haha). Adegan-adegan ini pun juga diracik sedemikian rupa hingga menjadi porsi penting dari film ini, dimana potongan potongan yang terpisah ini juga dihadirkan dari sudut pandang berbeda, hingga melewatkannya akan berdampak pada persepi penonton pada film ini, mungkin bisa dibilang begitu.

Belum lengkap membahas film ini kalau belum membahas tentang betapa indahnya film ini secara visual. Penggambaran yang detil ditampilkan disini, menarik bagaimana budaya yang tercampur-campur di rumah dimana sebagian besar cerita berlangsung, selain menarik pada penceritaan, juga pada visualnya, dimana kita melihat rumah dengan perpaduan budaya inggris, korea, dan jepang disini. Juga sinematografi yang luar biasa, sehingga kita akan melihat disini bagaimana mata kita dimanjakan oleh perpaduan pemandangan luar dengan rumah yang dipadukan layaknya lukisan, benar benar aspek yang sangat menarik lainnya dari film ini. Selain itu visual yang indah ini juga dipadukan dengan scoring yang apik dengan porsi yang cukup, dimana perpaduan dua hal ini menjadi pendukung pengatur mood penonton yang sesuai dengan keberjalanan cerita film ini.

Secara garis besar, wajar jika film ini banyak mendapat sentimen positif dari para kritikus, juga penonton, film ini sangat bagus dengan penulisan yang cerdas ditambah visual dan scoring yang sempurna, mungkin "The Handmaiden" adalah salah satu film terbaik di tahun 2016. Buat yang penasaran silahkan tonton dulu trailer-nya disini (mungkin terasa sedikit misleading dengan rasa thriller yang saya rasa terlalu banyak di trailer ini). Dan yang menunggu film ini keluar di Indonesia, sekali lagi mungkin saja namun tentu sangat kecil kemungkinannya, dan jika keluar pun, siap siap kehilangan banyak adegan penting dari film ini, hehe. Menurut saya film ini pantas mendapat nilai 9/10 dari saya, film yang luar biasa!












Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment