10 Game Indie Terbaik Tahun 2016

Semakin berkembang pesatnya teknologi, industri game pun turut terikut imbasnya, tidak hanya developer developer game besar yang sudah biasa membuat game AAA dengan tim profesional dengan banyak orang, tapi juga perusahaan perusahaan kecil baru atau startup yang juga turut berkontribusi dengan game game indie buatan mereka. Game indie sendiri sekarang bisa dibilang sedang naik daun tahun ini, dimana rata rata membawa gameplay dan grafik yang unik nan menarik, yang rata rata bisa mencapai tahap rilis berkat bantuan dana dari banyak orang, mungkin hal tersebut juga yang membuat industri game indie ini menarik. Peran kita sebagai gamers yang jelas cukup mudah dengan tidak membajak game game indie ini, lagipula harga yang ditawarkan cukup masuk akal dan potongan hargapun sering diberikan, apalagi dengan kualitas yang diberikan game game ini, anggap saja sebagai apresiasi kita kepada pembuatnya. Untuk yang penasaran, berikut inilah 10 game indie terbaik tahun 2016 versi saya (sebenarnya urutan tidak begitu berpengaruh karena secara kualitas game game ini tidak beda jauh, semuanya bagus), ditambah dengan video gameplay dan link halaman steam nya.


10. Owlboy


Game yang dikembangkan oleh D-Pad Studio ini baru saja dirilis bulan November 2016 kemarin. Membawa gameplay dan grafik khas 90 an rasanya di bagian menarik dari game ini. Di game ini pemain bermain sebagai Otus, yang merupakan hybrid dari manusia dan burung hantu dimana dia harus menyelamatkan desanya dari serangan para penjarah. Game bergaya classic juga bisa dibilang menantang untuk dimainkan. Game ini hanya dapat dimainkan di PC.

Steam : http://store.steampowered.com/app/115800/



9. Obduction




Game yang dikembangkan oleh Cyan Worlds dan pertama kali dirilis bulan Agustus 2016 ini banyak mendapat inspirasi dari game puzzle-classic Myst, dan memang dikembangkan oleh developer yang sama, secara tidak langsung menjadi spiritual successor dari game tersebut. Dengan gaya yang mirip dengan Myst dengan plot yang sudah diatur dan latar tempat yang tidak biasa game ini bisa dibilang sangat menarik, ditambah lagi dengan puzzle yang menantang dan dukungan teknologi VR yang menambah sensasi bermain game ini. Game ini sendiri dapat dimainkan di PS4, Xbox One , dan PC.


Steam : http://store.steampowered.com/app/306760/



8. Starbound




Game 2D Open World RPG yang dikembangkan oleh Chucklefish Games ini pertama kali dirilis pada bulan Juli 2016. Dengan dunia yang luas dengan procedurally generated universe, ditambah banyaknya hal hal lain yang bisa di eksplor tentunya akan mengingatkan kita pada game No Man's Sky yang juga dirilis tahun ini, tapi jelas ini berbeda. Game sandbox dengan grafik pixelated ala Terraria ini menghadirkan hal hal yang dijanjikan No Man's Sky namun tidak bisa kita nikmati disana, walaupun dalam bentuk 2D Side scrolling, yang menurut saya bukan menjadi masalah, ditambah lagi dengan mod friendly yang dihadirkan di game ini. Game ini benar benar akan menghadirkan sensasi bermain yang berbeda dari game 2D side scrolling lainnya. Game ini dapat dimainkan di PS4, PS3, PSVITA, Xbox One, dan PC.


Steam : http://store.steampowered.com/app/211820/


7. Oxenfree




Game yang dikembangkan oleh Night School Studio ini pertama kali dirilis pada 15 Januari 2016. Di game point-and-click dengan grafik berupa 2.5D ini pemain bermain sebagai Alex yang menjelajahi pulau tak berpenghuni bersama teman temannya, dimana disini akan banyak hal hal yang terjadi, temasuk juga hal mistis. Di game ini pemain akan banyak bertemu dengan dialog dialog menarik dan juga akan didukung dengan alat paranormal berupa radio. Game ini sendiri dapat dimainkan di PS4, Xbox One, dan PC.

Steam : http://store.steampowered.com/app/388880/


6. Hyper Light Drifter




Game berbentuk 2D RPG Hack n Slash ini dikembangkan oleh developer indie lainnya yaitu Heart Machine. Disini kita bermain sebagai The Drifter dengan teknologi dan senjata super canggihnya, terutama sebuah pedang yang dapat berubah atau ter-upgrade. Game ini tidak memiliki dialog sama sekali, namun dengan grafik 16-bit yang benar benar indah, dan juga musiknya ditambah keseruan bermain game ini karena gameplay dan mekanik yang solid dan juga membutuhkan strategi untuk melawan berbagai macam musuh di game ini. Game ini sendiri dapat dimainkan di PS4, Xbox One, dan PC.

Steam : http://store.steampowered.com/app/257850/






5. The Witness




Game yang dikembangkan oleh Thekla Inc. ini dirilis di awal tahun ini, tepatnya Januari 2016. Game 3D open world puzzle ini mengharuskan pemain untuk mengelilingi pulau misterius yang dipenuhi dengan puzzle yang didesain dengan mekanik gameplay yang menarik. Walaupun game ini berbentuk open world namun pemain tentunya akan secara tidak langsung tertuntun untuk menyelesaikan puzzle demi puzzle dengan clue yang ada dan tentunya sedikit storyline. Walau bisa dibilang tidak mudah namun juga tidak sulit game ini benar benar menantang, apalagi dengan grafik dan gameplay yang menarik yang tidak akan membuat pemain bosan memainkannya. Game ini sendiri tersedia untuk PS4, Xbox One, dan PC.

Steam : http://store.steampowered.com/app/210970/



4. Darkest Dungeon



Game 2D turn-based combat RPG yang dikembangkan oleh Red Hook Studios ini mungkin terkesan biasa biasa saja saat pertama kali melihatnya. Namun game ini lebih dari sekedar itu, dengan gameplay nya yang menarik dan grafik khasnya ditambah dengan jalan cerita dan pendekatan yang diambil oleh pemain yang akan berpengaruh ke heroes yang kita mainkan, tepatnya dalam bentuk psikologis. Game brilian ini dapat kalian mainkan di PSVITA, PS4, dan PC.





3. Stardew Valley



Game yang dikembangkan oleh Eric Barone aka ConcernedApe dan diterbitkan oleh Chucklefish Games ini akan mengingatkan pada game legendaris yang pasti pernah dimainkan oleh semua orang, yaitu Harvest Moon. Mungkin jika sekilas dan karena game ini memang terinspirasi dari Harvest Moon dengan aspek aspek yang mirip walaupun dengan grafik dan gameplay yang jelas berbeda, namun game ini lebih dari sekedar tiruan Harvest Moon, banyak hal yang benar benar dapat kalian lakukan disini selain bercocok tanam, mengurus peternakan, bertambang, memancing, atau mengurus keluarga. Game ini benar benar layak dicoba apalagi dengan fakta menarik bahwa hanya satu orang yang mengerjakan game ini, walaupun begitu tidak membuat game ini berhenti, karena banyak sekali update berupa perbaikan dan juga konten yang diberikan, dan nampaknya akan terus berlanjut. Game ini dapat dimainkan di PS4, Xbox One, dan PC.


Steam : http://store.steampowered.com/app/413150/






2. Firewatch



Game yang dikembangkan oleh Campo Santo ini juga dirilis pada awal tahun ini, tepatnya pada bulan Februari 2016. Di game Open World 3D ini, pemain bermain sebagai Henry, seorang penjaga hutan di Wyoming Woodlands, disini kita akan berpetualang mengelilingi area ini setelah hal aneh terjadi dan kita harus menyelidikinya. Di game ini kita hanya dapat melakukan kontak atau melakukan dialog dengan satu orang, yaitu supervisor kita. Banyak hal yang dapat dijelajahi di game ini, termaksud pilihan pilihan sulit juga harus dilakukan oleh pemain. Game dengan grafik yang sangat menakjubkan ini benar benar tidak akan membuat kita bosan berlama lama bermain game ini. Game ini sendiri bisa dimainkan di PS4, Xbox One, dan PC. 






1. Inside



Game 2.5D monokromatik platform ini dikembangkan oleh Playdead Studios yang dan merupakan spiritual successor dari game Limbo yang juga dikembangkan oleh developer yang sama. Sama seperti Limbo game ini membawa suasana dark yang sama dengan latar tempat yang tidak biasa didukung dengan musik dan grafik yang indah ditambah lagi dengan mekanik dan gameplay yang sederhana tapi benar benar seru dan tentunya menantang. Disini kita bermain sebagai A Nameless Boy, yang memulai petualangannya setelah kabur dari suatu tempat yang sedikit demi sedikit akan dipahami oleh pemain lewat game ini. Puzzle yang cukup menantang juga merupakan aspek menarik di game ini, dimana pemain paling tidak harus berpikir dan mencoba untuk menyelesaikannya. Yang jelas dengan segala aspek di game ini, nampaknya wajar jika game ini ada berada pada nomor 1 di list ini. 


Steam : http://store.steampowered.com/app/304430/




SUMBER 1



Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment