Inilah Alasan Mengapa GTA San Andreas Masih Dimainkan Banyak Orang Sampai Sekarang



Siapa yang tidak tau game ini? saya rasa hampir semua orang terutama pernah memainkan atau paling tidak tau tentang game legendaris ini. Game keluaran Rockstar yang dirilis tahun 2004 untuk PS2 dan 2005 untuk PC ini memang tidak ada matinya, sampai sekarang pun walaupun sudah lewat dua generasi GTA, 4 dan 5 game ini masih terus dimainkan oleh banyak orang, wajar jika banyak orang yang menobatkan game ini masuk ke salah satu game terbaik sepanjang masa. Namun bagaimana bisa game berumur lebih dari satu dekade ini masih dimainkan oleh banyak orang, menurut saya itu hal yang wajar dan tidak hanya terjadi pada game ini, namun hal hal dibawah inilah yang membuat game ini tetap unik dan masih dimainkan oleh banyak orang hingga sekarang.


Mod yang Banyak dan Bervariasi




Salah satu faktor yang membuat game ini masih terus dimainkan orang adalah mod mod yang banyak dari bervariasi, mulai dari yang basic seperti mobil, senjata, skin karakter, map, hingga yang aneh aneh seperti mengeluarkan jurus jurus ala naruto, tsunami, zombie apocalypse, dan masih banyak lagi mod mod menarik lainnya. Mod mod ini akan sangat mudah ditemui di internet karena begitu banyaknya website penyedia mod game ini dan juga banyaknya komunitas modding yang jumlahnya sampai sekarang bisa dibilang masih tinggi.





Banyak modder modder di berbagai belahan dunia yang membuat mod berdasarkan negaranya atau budayanya yang membuat mod mod di game ini sangat bervariasi dan juga unik. Ditambah pemasangan mod yang bisa dibilang cukup mudah dengan tutorial yang juga mudah ditemui dan juga mod untuk mempermudah memasang mod, ya ada mod seperti itu di game ini.

Youtuber Pemain Mod GTA San Andreas



Tentunya mod mod ini menjadi semakin terkenal berkat para Youtuber yang bermain game ini, seperti di Indonesia mungkin sering kita temui para penggiat youtube yang mengunggah konten bertemakan GTA San Andreas, sebagai contoh mungkin para pemain dari Indonesia yang rata rata bermain GTA San Andreas Extreme dan mod DYOM.

Salah Satu Youtuber Pemain GTA SA Extreme Indonesia


Buat yang belum tau, GTA San Andreas Extreme Indonesia adalah modifikasi dari game GTA San Andreas berbahasa Indonesia yang didukung dengan ratusan mod dan cheat bernuansa Indonesia yang siap dipakai tanpa harus dipasang lagi. Sedangkan DYOM adalah merupakan singkatan dari Design Your Own Mission yang merupakan modifikasi yang memungkinkan para pemainnya membuat cerita dan misi sendiri dengan interface yang mudah untuk digunakan dan dapat dilakukan langsung di dalam game. Misi misi yang dibuat di DYOM ini juga dapat diunggah dan dimainkan oleh orang orang lain. Nah rata rata para youtuber Indonesia ini biasanya memainkan misi misi yang dibuat dari DYOM buatan orang orang. Dengan konten konten dari misi misi tersebut yang biasanya dibalut dengan seru dan lucu, ditambah reaksi dari para youtuber yang memainkannya membuat terus meningkatnya orang yang bermain game modifikasi ini dan juga munculnya banyak youtuber baru yang memainkannya, mungkin karena konten yang bervariasi dan juga spek yang ringan .


Mod Multiplayer




Mod Multiplayer adalah faktor lainnya yang membuat game ini masih banyak dimainkan oleh banyak orang sampai sekarang, terutama SA-MP dan MTA : SA. Buat yang belum tau SA-MP adalah San Andreas Multiplayer, modifikasi multiplayer berbasis PC. Sama seperti Multi Theft Auto : San Andreas atau MTA : SA yang juga merupakan modifikasi multiplayer berbasis PC dan bersifat open source. Kelebihan MTA SA mungkin lebih bervariasi jenisnya karena kita dapat memasukkan mod kedalam sana dan dimainkan bersama sama, selain itu MTA juga mempunyai map editor dan sistem script yang mudah dipelajari. Kelebihan SAMP mungkin terletak pada keringanannya. Data terakhir MTA SA masih memiliki pemain aktif sekitar 600.000 orang sedangkan SAMP di angka 50.000 orang.



Jika dibanding dengan GTA Online yang merupakan mode multiplayer online dari GTA 5 keluaran Rockstar diluar harga dan spek mungkin letaknya ada pada servernya. Dimana pada SAMP dan MTA, kita bisa membuat server sendiri dengan script dan gamemode yang bermacam macam seperti Roleplay, Deathmatch, Team Deathmatch, Racing, dan lain lain sendiri dan orang orang bisa bebas memilih mau bermain di server yang mana, selain itu juga biasanya satu server bisa memuat sampai 1000 orang, sangat jauh dibandingkan dengan GTA Online. Saya sendiri adalah pemain SAMP sejak 2010 dan sampai sekarang masih sering bermain karena komunitasnya yang masih aktif.

Gambar dari Salah Satu Server SAMP

Selain itu komunitas pada setiap servernya biasanya berkembang sangat pesat dan orang orang biasanya tetap bertahan memainkan game ini di server tertentu karena komunitasnya. Seperti pada gamemode Roleplay yang merupakan gamemode paling populer dan banyak pemainnya pada MTA dan SAMP, yang merupakan mod dimana kita bisa bermain peran menjadi siapapun, memilih pekerjaan sendiri, identitas sendiri, dan hal tersebut didukung dengan script dan fitur fitur yang terus berkembang sampai sekarang. 
Gambar dari Salah Satu Server MTA : SA

Selain itu komunitas yang terus berkembang seiring dengan banyaknya server SAMP dan MTA adalah komunitas pembuat cheat, ya komunitas ini juga terdiri dari cukup banyak orang dan terus berkembang sampai sekarang dimana kerjaan mereka adalah membuat cheat cheat keren yang dapat digunakan di server server SAMP dan MTA.

Teknologi yang Berkembang Pesat



Hal terakhir yang membuat game ini terus dimainkan adalah teknologi yang berkembang pesat. Selain justru membuat para pemain jadi pindah ke game yang lebih berat dari GTA SA, perkembangan teknologi juga membuat game ini lebih terjangkau, karena dengan komputer spek paling rendah yang dikeluarkan sekarang pun kita dapat memainkan game ini. Tentunya game ini juga mendukung orang orang dengan spek tinggi, karena modifikasi grafik yang membuat game ini tampak seperti game keluaran baru akan sangat mudah kita temui di internet, dimana mod ini membutuhkan spek komputer yang tinggi. Berikut ini contoh mod grafik GTA SA paling baru yang membuat game ini tak kalah secara grafik dengan game game baru.







Selain itu dengan semakin luasnya persebaran internet hampir seluruh orang di berbagai belahan dunia jadi dapat memainkan game ini, terutama mod multiplayernya dengan mudah, apalagi dengan kebutuhan kecepatan yang ringan, jadi tidak diperlukan internet ngebut untuk menjalankan mod multiplayernya. Negara negara seperti Russia, Pakistan, dan Turki adalah negara penyumbang pemain SAMP terbanyak, dimana selain bermain di server server lokal yang sangat banyak, mereka juga turun bermain di server server besar internasional.

Versi Mobile




Sebagai penanda 10 tahun game ini, tahun 2015 Rockstar akhirnya merilis GTA San Andreas ke mobile gan, yang bisa kita mainkan di Android dan Apple. Jelas dengan keluarnya versi mobile ini semakin banyak orang yang memainkan game ini, terutama orang orang yang ingin bernostalgia tapi tidak mau ribet menggunakan laptop atau pc dan ingin memainkannya dimana mana, walaupun harganya masih cukup mahal tapi nampaknya bukan menjadi masalah untuk orang orang karena untuk mobile game ini terhitung sangat canggih dan tentunya banyak orang yang tertarik untuk memainkannya. 

Jika anda menyangka versi mobile ini tidak menyediakan modifikasi layaknya versi PC dan konsol maka anda salah, karena sudah banyak mod yang tersedia dan dapat ditemukan dengan mudah di internet.








Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment