[Movie Review] Logan (2017)



Salah satu film yag paling saya tunggu pada thaun ini akhirnya keluar juga dan pastinya tanpa perlu berpikir lagi saya memutuskan untuk segera menonton film ini di bioskop, untuk menghilangkan rasa penasaran dan membuktikan hype film ini. Saya patut bersyukur karena akhirnya bisa dibilang saya puas dengan film ini dan Rp35.000 saya tidak terbuang sia-sia. Film ini adalah Logan.

Film ini merupakan standalone Wolverine yang ketiga, sekaligus yang terakhir, dan juga film Wolverine kedua arahan James Mangold (sebelumnya The Wolverine). Namun yang menarik banyak orang adalah kabar (yang sayangnya benar) bahwa film ini merupakan penampilan terakhir Hugh Jackman sebagai James Howlett / Logan / The Wolverine dan juga Patrick Stewart sebagai Charles Xavier / Prof. X. Keduanya merupakan sosok ikonik yang mungkin bisa dibilang akan sangat sulit digantikan, mengingat keduanya sudah ada sejak film X-Men pertama dan hampir ada di semua film X-Men setelah itu (bahkan Hugh Jackman ada di semua film).

Film ini sendiri terinspirasi dari salah satu komik Wolverine berujudu Old Man Logan, sesuai judulnya. Walaupun dari segi cerita sama sekali berbeda. Bisa jadi karena Fox tidak memiliki hak untuk menggunakan banyak karakter-karakter lain di versi komiknya, seperti Hawkeye, Red Skull, dan Hulk. Walaupun begitu film ini membawakan tone dan gaya penceritaan yang kurang lebih sama dengan versi komiknya, juga dipadukan dengan script yang berisikan latar belakang serta plot dan deretan karakter yang jauh berbeda dari Old Man Logan, namun secara umum tetap berhasil membawakan tema dan pesan yang dibawa pada komik tersebut. Menurut saya sendiri paduan yang dibawakan pada film ini jauh lebih berhasil dan efektif dari versi komiknya dan saya pribadi lebih menyukai versi ini.



Seperti biasa, saya sendiri tidak akan banyak membahas plot film ini untuk menghindari spoiler. Bisa dibilang hampir sama dengan beberapa film X-Men dan Wolverine lainnya yang berusaha membawakan sisi kemanusiaan dari sosok Logan, namun hanya film ini yang berhasil membawakannya dengan baik. Tidak hanya sisi lain dari Logan yang dibawakan dengan baik disini, kita juga bisa melihat sisi lain dari Prof. X yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya. Hal tersebut dapat dibawakan dengan baik, tanpa perlu secara berlebihan ditampilkan lewat adegan-adegannya. Dengan porsi yang pas dan juga dipadukan dengan humor ringan sepanjang film ini, sukses membuat saya bisa menikmatinya selama 2 jam lebih. Pendekatan berbeda yang menarik dari Fox, merupakan langkah yang tepat untuk film ini dimana kedalaman cerita menjadi titik berat dari film ini dibanding film-film X-Men lainnya, namun tanpa perlu mengurangi sisi brutal dari Wolverine yang sudah biasa kita saksikan, selain pendekatan unik lainnya yang juga berhasil dilakukan sebelumnya pada film Deadpool. Selain itu faktor pendukung lainnya yang membuat film ini mudah dinikmati adalah musik yang digubah oleh Marco Beltrami serta pengambilan gambar yang mungkin akan sedikit mengingatkan latar pada versi komiknya.

Selain itu akting yang solid dari para cast-nya juga merupakan faktor utama yang membuat film ini sukses, terutama Hugh Jackman dan Sir Patrick Stewart. Pada penampilan terakhir ini mereka berhasil menampilkan yang terbaik sebagai tribut bagi para penonton. Selain itu, sebaliknya, film ini sendiri sebenarnya juga merupakan tribut bagi keduanya, hal ini akan mudah disadari jika kalian sudah menonton film ini, penampilan keduanya disini akan sangat membekas. Hal lain yang menarik dari film ini adalah penampilan dari X-23 atau Laura (Laura Kinney) yang diperankan oleh Dafne Keen. Film ini sendiri merupakan debut film pertamanya, setelah sebelumnya pernah tampil di serial tv "The Refugees" dan penampilannya di film ini sungguh menarik perhatian saya, rasanya karirnya selanjutnya di dunia perfilman akan bagus. Saya sendiri sangat mengharapkan untuk melihatnya lagi kedepan di franchise ini, jika tidak di film lain. Kemungkinan kita melihatnya lagi di franchise ini memang ada, apalagi dengan kabar bahwa film X-Men baru "New Mutants" akan segera memulai proses shooting pada tahun ini, walaupun belum ada kabar terkait karakter maupun plot yang akan muncul. Namun jika mutan-mutan pada film inilah yang akan menjadi New Mutants, nampaknya kita tidak akan melihat karakter terkenal seperti Magik dan Wolfsbane yang terdapat pada komik tersebut. Tapi seperti film X-Men lainnya, film ini kembali membuka peluang untuk mengeksplor lebih luas lagi dunia mutan.

Awal yang bagus pada tahun 2017, terutama pada genre film superhero yang berhasil dibawakan dengan berbeda di film ini. Film ini bukan sekedar film superhero, tapi jauh lebih dari itu. Terlalu dini memang bilang mengatakan film ini adalah yang terbaik tahun ini, tapi juga tidak berlebihan jika dibilang bahwa film ini layak menjadi salah satu yang terbaik, mungkin salah satu film superhero terbaik, tanpa perlu mengikuti formula populer yang biasanya digunakan pada film-film Marvel Studios dan Fox. Semoga genre film ini akan semakin kreatif dalam menghibur para penontonnya, terutama penggemar berat film dan komik, terutama kepada Fox juga semoga bisa konsisten karena dibanding film X-Men sebelumnya yaitu Apocalypse, Logan berada pada level yang jauh berbeda diatasnya. 9/10. Bravo!



Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment