Inilah Sejarah dan Evolusi dari Open World Games


Dalam dua dekade terakhir ini, game sudah menjadi lebih terbuka dari sebelumnya, dari yang biasanya terbatas oleh cerita yang harus diikuti oleh para pemain, sekarang game tidak lagi sebatas itu. Game Open World menawarkan sensasi yang berbeda dengan memberikan kebebasan lebih untuk pemain, membiarkan kita memilih jalan cerita kita sendiri, atau bahkan tidak ada jalan cerita sama sekali. Game Open World pun dapat mencakup semua genre seperti FPS, RPG, dan lain lain, dimana kita dapat melakukan berbagai macam hal. Kali ini saya akan membahas tentang sejarah dari Open World Games, mari kita kembali lagi ke beberapa dekade sebelum ini, dengan game Open World pertama.

Game Free Roam RPG Pertama

Ultima 1 : The First Age of Darkness (1981)


Ultima 1 : The First Age of Darkness diperkirakan merupakan game pertama yang membawa genre ini dan juga salah satu game RPG pertama. Walaupun pada saat ini teknologi game masih terbatas, game ini dapat menawarkan hal yang berbeda saat itu yaitu dengan menghadirkan area bermain yang sangat luas dan juga kebabasan kita pergi kemanapun, game ini juga cukup menarik karena saat bagian dungeon kita akan berpindah ke mode FPS.

Game Free Roam Bertemakan Luar Angkasa Pertama

Elite (1984)


Beberapa tahun kemudian muncullah game ini, Yaitu merupakan game open world bertemakan luar angkasa dimana kita dapat bebas menjelajahinya dalam tampilan first person. Dalam game inipun area bermain tidak terbatas karena mapnya terus diproduksi selama kita bermain, Ini merupakan hal yang menakjubkan mengingat saat itu teknologi masih terbatas, dan game ini juga menampilkan tiga dimensi walaupun masih sangat sederhana. 

Kemunculan The Legend of Zelda (1986)




Namun dengan menghadirkan 3D dan map yang tak terbatas tidak membuat game open world seperti Elite menjadi yang terbaik saat itu, karena 2 tahun kemudian, muncullah The Legend of Zelda. Layaknya Ultima, The Legend of Zelda juga tidak memaksa pemainnya untuk berjalan ke suatu tempat spesifik dimana berarti game ini merupakan open world. Kita bebas untuk berjalan ke berbagai macam tempat yang ada yang juga dipenuhi oleh dungeon dungeon yang seru, game ini merupakan yang terbaik pada masanya. 

Game Free Roam Side Scrolling Pertama

Metroid (1986)



Namun, menjadi game open world, tidak berarti harus dari sudut pandang atas maupun first person, karena game seperti Metroid ini dapat membuktikannya, dirilis di tahun yang sama dengan The Legend of Zelda, game ini menghadirkan sensasi yang berbeda dengan membawa game game action side scroll era klasik menjadi sebuah game open world epik yang nantinya akan banyak menginspirasi game game lain juga. 

Game Free Roam Bertemakan Bajak Laut Pertama

Sid Meier's Pirates


Baru selang satu tahun, game unik dengan genre open world lainnya muncul, bertemakan bajak laut yaitu Sid Meier's Pirates dimana bercerita tentang era bajak laut di abad 16 dan 17. Disini kita menjadi bajak laut dan bebas berkeliling lautan untuk menjadi bajak laut paling hebat. Dimana kita dapat bertempur dengan kapal lain, dapat menghancurkan desa desa, dapat merekrut para awak kapal, dan juga menghadirkan mode bertarung ala bajak laut yang sangat seru. 

Game Open World First Person RPG dalam Tiga Dimensi Pertama

Elder's Scrolls Arena (1994)


Lalu pada tahun 1994 muncullah game buatan Bethesda ini, yang nantinya akan menjadi seri game terkenal hingga sekarang. Walaupun tidak seperti Elder's Scrolls yang kita ketahui sekarang seperti Skyrim, namun pada saat itu game ini merupakan game yang sangat revolusioner. Game open world RPG dengan sudut pandang orang pertama ini sedikit berbeda karena mapnya terus tercipta secara random dan mengandung ratusan kota dan juga dungeon yang dapat kita jelajahi.

Game Free Roam  RPG dengan Sudut Pandang Isometrik Pertama

Fallout (1997)



Lalu pada tahun 1997 muncullah Fallout, yang merupakan game yang membawa sudut pandang berbeda lagi, walaupun berbentuk Real Time Strategy, tidak seperti Fallout yang kita kenal sekarang, game ini membawa cerita yang sangat menarik dimana kita dapat menjalaninya secara nonlinear atau memilih berbagai macam plot yang disediakan. Game ini juga sangat unik dari segi grafik yang artistik, juga kota yang luas untuk dijelajahi. 

Kemunculan Grand Theft Auto (1997)


Di tahun yang sama, muncullah game pertama dari seri game ikonik lainnya, yaitu Grand Theft Auto atau biasa disebut GTA. Game ini menghadirkan sensasi yang berbeda dimana kita disediakan tiga kota yang dapat kita jelajahi di dalam game ini, menggunakan berbagai macam mobil yang dapat kita curi maupun dapatkan, juga berbagai macam senjata, dan juga lain-lainnya. Diluar itu, game ini juga menyediakan berbagai macam misi berbentuk cerita maupun bukan yang dapat kita jalani, dalam game ini juga disediakan sistem warning yang terdiri dari 6 bintang dimana kita akan dikejar kejar oleh polisi. Game ini sangat revolusioner hingga akhirnya dibuat lanjutannya sampai sekarang. 

GameThe Legend of Zelda Tiga Dimensi Pertama

Legend of Zelda : Ocarina of Time (1998)



Muncul pada tahun 1998, di rilis di Nintendo 64 game ini sukses berat. Game ini merupakan game pertama yang menggunakan teknologi 3D di seri game Legend of Zelda.  Dalam game, seperti seri Legend of Zelda lain, pemain bebas berpergian kemanapun tanpa takut terhalang oleh cerita yang ada. Dilengkapi dengan berbagai macam hal yang tidak hadir di seri game sebelumnya, juga dengan grafik yang sangat detail pada saat itu. Cerita dari game ini pun sangat epik yang menyebabkan game ini merupakan salah satu game terbaik sepanjang masa.

 Shenmue (1999)

 Cikal Bakal Game Open World Modern


Game yang dirilis tahun 1999 kurang diketahui oleh banyak orang. Walaupun begitu, game ini merupakan cikal bakal dari Game game Open World modern yang ada saat ini. Shenmue tidak hanya menyediakan kota yang dapat dijelajahi namun juga grafik yang sangat menakjubkan untuk saat itu, yang tampak cukup nyata dan realistis. Game ini juga menghadirkan semua NPC dengan suara untuk pertama kalinya. Game ini merubah standar game game yang ada dan membawanya ke level baru. 

Grand Theft Auto 3 (2001)

 GTA dengan Sudut Pandang Orang Ketiga Pertama


GTA 3 merupakan game pertama dari seri ini yang menghadirkan tampilan tiga dimensi. Game ini juga merupakan batu loncatan yang tinggi untuk game game era modern seperti yang ada sekarang. Dengan fitur yang sangat banyak juga kebebasan yang diberikan kepada pemain untuk melakukan berbagai macam hal membuat game ini menjadi yang terbaik pada saat itu. Game ini merupakan cikal bakal dari semua game modern yang ada saat ini. 

Kemunculan Game-Game Open World Modern



Setelah itu game-game dengan genre open world pun bermunculan, banyak seri seri ikonik yang melanjutkan kedikdayaannya dengan menghadirkan game game terbaru yang dengan fitur fitur baru yang menarik dan juga revolusioner. Banyak juga game game baru yang hadir di era ini dan membawa genre open world ini seperti game-game yang terdapat di gambar diatas, dan juga masih banyak game-game lainnya, yang hampir semuanya menghadirkan sensasi bermain yang unik juga seru. 

Game Open World Generasi Berikutnya



Tidak hanya berhenti disitu, seiring dengan berkembangnya jaman, game-game open world pun semakin banyak jenisnya juga fitur fitur menariknya. Seperti di generasi mendatang akan banyak game game menarik yang layak kita tunggu seperti salah satunya No Man's Sky yang bahasannya dapat dilihat disini No Man's Sky, Saatnya Menjelajahi Luar Angkasa , Mengapa Game ini Akan Sangat Menarik Nantinya.

Evolution of Open World Games



Evolusi dari game-game open world ini dirangkum oleh YouTuber yaitu gameranx di video yang dapat dilihat diatas. 





Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment