Penggambaran Masa Depan Versi Film-Film Ini, Yang Mana Favorit Kalian?




Banyak sekali film film yang berlatar waktu di masa depan, biasanya dalam film ber-genre Science Fiction. Disitu banyak yang menggambarkan masa depan dengan teknologi yang sangat canggih jauh melebihi masa ini, ada juga yang menggambarkannya dengan tema post-apocalyptic dimana justru peradaban manusia mundur lagi, menarik memang untuk mengikutinya. Berikut ini penggambaran masa depan versi film film ini, yang manakah favorit kalian? Atau mungkin kalian mempunyai favorit kalian sendiri, silahkan tambahkan di komentar ya!


Manusia Tinggal di Kapal Luar Angkasa ( Wall-E & Interstellar )




Dalam film film ini digambarkan bumi tidak dapat atau tidak layak untuk dihuni lagi, sehingga akhirnya manusia memutuskan untuk membangun kapal luar angkasa super besar yang dapat menampung banyak manusia untuk tinggal di luar angkasa. Tentunya ini bukan kapal biasa, namun kapal luar angkasa super canggih dan super besar. Kapal kapal seperti ini muncul di film seperti Wall-E dan Interstellar, manusia baru pindah ke kapal ini di akhir film Interstellar namun pada film Wall-E justru manusia akhirnya memutuskan untuk kembali ke Bumi.



Manusia Hidup Rukun Bersama Alien ( Star Trek & Man in Black )




Mungkin banyak film film yang bertemakan alien maupun yang terdapat alien di dalamnya, namun sebagian besar tidak benar benar berlatar di masa depan, bahkan mungkin jika dilanjutkan bisa berakhir seperti dua film ini dimana di masa depan manusia dan alien hidup rukun berdampingan, walaupun tentu saja banyak juga yang jahat. Walaupun sedikit berbeda dimana dalam Man In Black mungkin manusia tidak begitu sering menjelajah alam semesta seperti pada Star Trek, peradaban pada Man In Black pun bisa dibilang sebenarnya tidak terlalu masa depan.

Manusia VS Zombie ( Resident Evil )


Pada film film seperti ini biasanya di masa depan manusia sengaja menciptakan virus yang membuat manusia tidak dapat mati atau berubah jadi zombie. Banyak sekali film dengan zombie di dalamnya, tapi mungkin yang benar benar berlatar di masa depan adalah film yang diangkat dari game, yaitu Resident Evil. Dan film ini memang sebenarnya tidak hanya mengangkat aspek zombienya, namun teknologi canggih dimasa depan yang sama ngerinya dengan para zombie ini.



Dunia Dikuasai Oleh Robot ( The Matrix & Terminator )



Dunia dikuasai oleh para robot, merupakan tema yang akhir akhir ini makin sering dipakai dalam film. Seperti pada The Matrix dan Terminator, juga pada film X-Men Days of Future Past, digambarkan bahwa manusia justru kalah dengan robot yang diciptakannya sendiri, saking pintarnya itu robot. Bedanya mungkin pada The Matrix robotnya tidak begitu berbentuk manusia dan mungkin lebih ke bentuk intelegensi buatan walaupun terminator juga sebenarnya demikian.



Peradaban Yang Kembali Mundur, Kekerasan Dimana-Mana ( Waterworld & Mad Max )



Pada film film ini dunia digambarkan hancur dan peradaban kembali mundur, dimana pertarungan kembali dimana mana. Orang orang pada film ini digambarkan menggunakan teknologi buatan tangan yang dirakit dari benda benda sisa, mungkin bedanya kedua film ini adalah pada Mad Max orang orang kelaparan dan kekurangan air sedangkan pada Waterworld digambarkan justru bumi kebanyakan air jadi orang orang tinggal di atasnya. Namun secara keseluruhan kedua film ini menggambarkan teknologi masa depan dan juga perilaku manusianya dengan mirip.



Themepark Canggih ala Masa Depan ( Jurassic World  & Westworld )


Pada kedua film ini digambarkan manusia membuat taman bermain mengandalkan teknologi super canggih pada masanya, mungkin bedanya pada konten taman bermainnya. Jika pada film Jurassic World dihadirkan taman dengan teknologi canggih namun menghadirkan makhluk makhluk kuno yang sangat menyeramkan di dalamnya, yang cukup berkebalikan dengan Westworld yang justru menghadirkan teknologi canggih yang dibalut tema kuno ala film Western.


Masa Depan yang Damai ( Her )


Pada film ini masa depan digambarkan tentram dan damai, dengan teknologi yang canggihnya tidak berlebihan. Dengan teknologi yang masuk akal dan mungkin bisa kita rasakan mungkin maksimal 10 tahun kedepan. Yang menarik adalah Artificial Intelligence pada film ini terhitung sudah sangat canggih dan bahkan rasanya bisa mempunyai perasaan sendiri, sampai bisa bisanya terjadi hal seperti di akhir film ini. 


Kota diatas Kota dan Mobil-Mobil Terbang ( Blade Runner & Total Recall )



Pada film film ini digambarkan kota baru dibangun diatas kota lama dengan gedung gedung yang menjulang tinggi dan pemandangan yang terasa gelap dan suram. Sebenarnya masih ada jalanan fisik di bawahnya walaupun orang orang sudah menggunakan mobil mobil terbang. Pada film film ini juga teknologi sudah terbilang sangat canggih walaupun banyak aspek yang masih menggunakan teknologi jaman sekarang, mungkin karena film jadul ya.



Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment