[ Review TV ] Westworld Season 1 - Serial Wajib Tonton Tahun Ini!




Dengan keluarnya Season 1 Finale "The Bicameral Mind" kemarin maka selesailah season 1 dari westworld. Di akhir bagian dari season 1 finale saya tersenyum puas namun sekaligus penasaran dengan kelanjutan seri ini, yang mungkin akan banyak saya bahas singkat dibawah. Yang jelas menurut saya Season 1 dari Westworld ini benar benar mendekati sempurna, mungkin karena didukung faktor bahwa saya adalah penyuka cerita yang berbau robot dan artificial intelligence yang apalagi dibalut dengan tema western layaknya Dollars Trilogy. Mungkin sebelum membahas lagi tentang review singkat season ini dan prediksi kelanjutannya, saya akan membahas secara singkat tentang serial Westworld.







Faktor lain yang mungkin membuat saya sangat menyukai Westworld adalah fakta bahwa serial ini buah karya Jonathan Nolan sebagai eksekutif producer sekaligus sutradara sekaligus penulis naskah, dengan ciri khas permainannya pada seting waktu. Seperti yang kita ketahui saudara kandung dari Christoper Nolan ini juga banyak berperan sebagai writer / co-writer di film film Christoper Nolan dan juga di tv serinya yang lain sebelum Westworld, Person of Interest, yang juga menurut banyak orang sangat bagus walau saya sendiri belum sempat menontonnya, mungkin sehabis ini sambil menunggu season 2 dari westworld, haha. Selain Jonathan Nolan, nama lain yang sangat menarik di serial ini adalah Lisa Joy, saya jujur baru pertama kali mendengar namanya di Westworld, dan ternyata dia adalah istri dari Jonathan Nolan, sangat menarik bukan. Selain itu satu nama lagi yang menurut saya menjadi kunci kesuksesan dibalik layar dari Westworld sudah jelas adalah J.J Abrams, yang kembali bekerja sama dengan Jonathan Nolan setelah Person of Interest, tidak perlu dijelaskan lagi tentang J.J karena tentu kita semua kenal orang ini lewat film film yang dia sutradari maupun produseri. Selain mereka tentunya kru kru lain menurut saya sudah bekerja dengan sangat baik bisa kita lihat dari atmosphere yang diberikan pada serial ini sangat luar biasa.




Berikutnya apresiasi saya berikan kepada orang orang ini, ya mereka adalah cast dari serial ini, mungkin favorit saya kali ini adalah Sir Anthony Hopkins, ya aktingnya menurut saya sangat luar biasa di Westworld, selain memang ceritanya, mungkin akting dan ekspresi-nya lah yang berhasil memukau sekaligus menipu saya sepanjang season 1 ini.


Hal lain yang menarik adalah fakta bahwa serial ini merupakan adaptasi dari film berjudul sama pada tahun 1973, walaupun dari segi cerita banyak perubahan yang terjadi, ya namanya juga adaptasi, tapi banyak hal yang diberikan sebagai tribute untuk film ini, dan tentu banyak aspek yang juga tetap dipertahankan. Saya sendiri sebenarnya belum sempat menonton film ini, jadi saya tidak bisa membahas lebih lanjut, mungkin nanti saya akan membuat reviewnya juga setelah menonton film ini.



Ini dia bagian favorit lainnya dari serial ini menurut saya, adalah soundtracknya, Soundtrack pada serial ini dibalut secara sedikit klasik karena menggunakan piano namun dengan kesan yang tetap futuristik. Ramin Djawadi lah sosok dibalik soundtrack soundtrack menarik ini, dia mencover banyak lagu lagu modern yang digunakan sebagai soundtrack di Westworld. Mengapa kita lebih banyak menemukan lagu lagu modern yang dicover disini daripada lagu lagu ala film western, hal tersebut karena kita tetap ingin diingatkan bahwa latar seting tempat dan waktu dari serial ini terletak di masa depan. Dan bagian paling menarik dari soundtrack soundtrack serial ini adalah penggunaan lagu lagu Radiohead di dalamnya. Sebagai penggemar berat Radiohead saya sendiri selalu tercengang ketika tiba tiba mendengarkan lagu lagu Radiohead di Westworld, jika di total ada 4 lagu Radiohead disini, dimana yang menjadi favorit saya adalah Motion Picture Soundtrack yang dibawakan dengan epick disaat momen yang tepat dan Exit Music (For a Film) sebagai penutup yang luar biasa dari serial ini. Bila kalian penasaran dengan soundtrack soundtracknya bisa dilihat di link dibawah ini.

Soundtrack Westworld

________________________________________________________

The Bicameral Mind

**SPOILER ALERT**




Disini saya akan membahas singkat tentang season finale ini, mungkin akan menyangkut keseluruhan seri ini juga. Banyak misteri misteri di serial ini yang sudah dibongkar pada episode ke-9 seperti salah satu yang terbesar yaitu Arnold. Mungkin saya merasa walaupun memiliki plot dan alur waktu yang sulit namun entah kenapa mudah ditebak, fans fans dari serial ini sudah menebak banyak awal bahkan dari episode episode awal, tapi itu bukan masalah menurut saya. Namun banyak hal hal yang tidak terduga terjadi pada season 1 finale ini.

Hal menarik lainnya dari penutup season ini adalah akhirnya official bahwa William adalah Man in Black, ya prediksi orang orang tepat seratus persen, yang menarik disini sebenarnya bukan fakta bahwa William adalah Man in Black namun bagaimana transformasi dari William itu sendiri bagaimana Westworld berhasil membuatnya menemukan jati dirinya, bagaimana seorang William yang baik menjadi seperti Man in Black, bagaimana kita sadar bahwa kata kata Logan selama ini benar, dan yang paling menarik adalah fakta bahwa kita disadarkan bahwa Dolores merupakan kunci utama dari serial ini dimana dia menjadi penghubung utama antar karakter karakter kunci seperti Ford, William, dan Arnold dan kemungkinan besar menjadi peran yang paling berpengaruh di season berikutnya. 



Salah satunya yang mungkin tidak saya sangka adalah akhirnya Ford menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya, mulai dari New Narrative yang ternyata adalah bagian penting dari menyelamatkan para Host, sangat menarik karena selama ini kita tidak pernah membayangkan apakah New Narrative yang disiapkan oleh Ford ini. Fakta bahwa Ford sebenarnya tidak membenci atau ternyata sejalan dengan Arnold juga sangat menarik, dimana dia sebenarnya ingin menyelamatkan ciptaannya, namun dengan cara yang berbeda dari Arnold entah mungkin karena dia menganggap cara Arnold kurang tepat atau mungkin saat itu dia menganggap bahwa saat itu para host belum benar benar bisa mencapai tahap Conscious yang sebenarnya mereka harapkan. Seperti yang kita lihat pada akhir adegan dimana Ford berkata bahwa kali ini mereka akan bertindak, namun dengan pilihan mereka sendiri, hal ini menarik karena hal ini menurut saya merupakan indikasi bahwa hal yang dilakukan Dolores adalah pilihannya sendiri, dimana akhirnya dia benar benar sadar akan apa yang ingin dia lakukan, atau mencapai tahap conscious. 




Disini kita juga akhirrnya diperlihatkan bagaimana Arnold sebenarnya mati, dan bagaimana kejadian itu mungkin merupakan kunci awal dari kebangkitan conscious Dolores yang sebenarnya, seperti yang diungkapkan oleh Ford bahwa semua berawal dari memori, namun memori menyakitkan yang akan membangkitkan fase berikutnya dari kesadaran para host, seperti kematian anak Arnold yang terdapat pada Bernard, memori anak pada Maeve, atau dalam kasus Dolores adalah memori dengan Arnold dan William, yang mungkin menjadi penyebab utama mengapa Dolores selalu terjebak di mimpi dan loop yang sama. Bagian ini benar benar bagian yang paling saya suka pada serial ini dimana Artificial Intelligence berhasil mencapai makna sebenarnya, seperti kata kata menarik dari Dolores yang secara tersirat mengatakan bahwa merekalah makhluk abadi yang akan menggantikan manusia. Seperti lukisan Michelangelo yang merupakan lukisan favorit dari Arnold dengan kata kata yang diungkapkan oleh Ford bahwa lukisan tersebut bermakna bahwa hadiah terbesar dari tuhan kepada manusia bukan merupakan kekuatan, namun kecerdasan. Menarik bukan mengingat bahwa manusia pada Westworld berlaku bak dewa kepada para host, dimana cycle itu akan berlanjut kepada para Host. 


Sangat menarik mengikuti teori teori yang diberikan oleh serial ini, terutama teori maze oleh Arnold dimana evolusi dari para host tidak berbentuk piramid dimana bergerak keatas, namun berupa maze yang bergerak kedalam pusat lingkaran. Walaupun sebenarnya kita semua belum bisa memastikan apakah kesadaran dari Maeve, Bernard, dan Dolores ini benar benar kesadaran mereka sendiri atau bukan, mungkin semua akan terjawab di Season 2.




Tidak banyak yang bisa saya bahas sekarang karena mungkin memang belum banyak juga prediksi prediksi yang keluar dari para fans, jika sudah banyak mungkin saya akan membuat bahasan terpisahnya sendiri. Tapi yang jelas, season 2 diperkirakan akan rilis tahun depan, tentunya banyak misteri yang tersisa untuk dibahas lebih lanjut di season berikutnya. Salah satu hal menarik yang menurut saya mungkin muncul di season berikutnya adalah theme park lain buatan Delos selain westworld, seperti yang kita lihat di salah satu adegan kabur dari Maeve dan kawan kawan, kita melihat hosts dengan pakaian ala Samurai, dengan logo SW, Samurai World kah? sangat menarik ditunggu kehadirannya di season berikutnya, karena sebenarnya film Westworld asli pun tidak hanya terdapat theme park berupa Western disana, namun juga ada yang berupa Medieval dan juga Roman, mungkinkah theme park theme park lain ini muncul di season berikutnya, kemungkinannya selalu ada.


Yang jelas menurut kabar, Season 2 dari Westworld akan berkebalikan dengan Season 1, dimana season 1 lebih ke arah control and order, dimana manusialah monsternya, di Season 2 nanti dikabarkan akan berupa chaos, dan sudah jelas manusia bukan lagi menjadi monster disana, melainkan para host. mungkin akan menarik jika di season 2 atau season season berikutnya jika ada akan berhubungan atau berkait dengan film Futureworld yang merupakan sequel dari film Westworld. 


__________________________________________________________________________

Kesimpulan





TV Seri ini seketika menjadi favorit baru saya, dan jadi list tunggu saya di tahun 2017 nanti untuk Season 2 nya. Dengan plot nya yang sulit namun sangat menarik dan membuat penasaran tentunya serial ini saya rekomendasikan untuk kalian yang belum sempat menontonnya, walaupun tidak sempurna karena beberapa aspek yang saya rasa minor, seperti mungkin perkembangan cerita yang terasa terlalu lambat namun diluar itu tv seri ini saya rasa benar benar fenomenal. Rating pribadi saya untuk Season 1 dari Westworld adalah 9,5/10. 




Bagaimana pendapat kalian tentang Season 1 Westworld ini, jika ingin menambahkan atau berpendapat tentang season 1 westworld ini langsung saja ya di comment!
Share on Google Plus

About otongmas

0 comments:

Post a Comment